1. Pilih Ekspedisi (Jne/Pos)
2. Isi nama kota asal pengirim (Kalo @gishopID dari bandung)
Tunggu sampe ada pilihan kayak gini:
3. Isi nama kota yang dituju
Ongkos kirim dihitung berdasarkan kota/kecamatan/kabupaten. So, cari aja yang menurutmu benar ;) daaaaaaan, tunggu sampe ada pilihan kayak gambar diatas
4. Tadaaaaa, ongkos kirim muncul! =D (Lihat Gambar)
Contoh ongkos kirim dari Bandung-Surabaya |
OKO: Paket Ekonomis (paket termurah) ya gitu deh, harganya lebih murah tapi estimasi barang sampai tujuanpun makin lama.
REG: Paket Reguler yang yaa dibilang standar lah yah.. estimasinya lebih cepat
YES: Yakin Esok Sampai ini adalah layanan dari JNE untuk pengiriman paket yang benar-benar akan sampai dalam 1hari (Kalo gak salah sih, maksimal pengiriman untuk paket YES itu jam12 atau jam2siang, Lupa broh xD)
SPS: SuperSpeed nah kalo yang ini adalah paket ajaib, kirim hari ini, sampe hari ini juga. harganya? ya liat sendiri aja perbedaannya hahahaha
6. Penjelasan tentang Estimasi (ETD)
Maksud dari estimasi adalah perkiraan, perkiraan tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ditujuan, misal seperti gambar diatas. Kita ambil contoh paket REG 16,000 1-2Days. Maksudnya adalah dengan ongkos kirim 16,000 barang yg kita kirim bakal sampai antara 1-2hari SETELAH PENGIRIMAN. Misal: si dodol order Jaket Waterproof di @gishopID hari selasa jam3sore, dan @gishopID mengirimkan barang si dodol hari selasa juga, jam7malam. Kemungkinan barang sampai dirumah si dodol adalah antara hari rabu, atau hari kamis, kurang lebih seperti itu.
Alasan barang sampai tujuan melebihi estimasi:
1. Alamat yang tertera kurang jelas, menyulitkan kurir untuk mengantarkan barang tsb.
2. Alamat kurang jelas, ditambah nomor hape tidak aktif sewaktu dihubungi pihak jne untuk menanyakan alamat tsb.
3. Alamat jelas, tapiiiiii ketika kurir jne datang kerumah kamu, gak ada siapa-siapa dilokasi, ditelpon gak diangkat/gak aktif. Lalu kurirnya pulang lagi deh... Dan jne akan mengantar ulang paket yg bermasalah seperti ini, tapiiii jika 3x kejadiannya terulang, maka paket akan ditahan dikantor pusat, dan kamu HARUS mengambil paket tsb dikantor pusat.
Alasan barang sampai tujuan melebihi estimasi:
1. Alamat yang tertera kurang jelas, menyulitkan kurir untuk mengantarkan barang tsb.
2. Alamat kurang jelas, ditambah nomor hape tidak aktif sewaktu dihubungi pihak jne untuk menanyakan alamat tsb.
3. Alamat jelas, tapiiiiii ketika kurir jne datang kerumah kamu, gak ada siapa-siapa dilokasi, ditelpon gak diangkat/gak aktif. Lalu kurirnya pulang lagi deh... Dan jne akan mengantar ulang paket yg bermasalah seperti ini, tapiiii jika 3x kejadiannya terulang, maka paket akan ditahan dikantor pusat, dan kamu HARUS mengambil paket tsb dikantor pusat.